Sebanyak 105 siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya (Sekolah Mulia) berkesempatan untuk nyantri singkat di Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar (PPI AMF) Malang selama dua hari, pada Rabu hingga Kamis (8-9/1/2025).

Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan dan menjadi program tahunan untuk siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Antusiasme para peserta didik dan orang tua sangat terlihat sejak keberangkatan dari Surabaya.

Kegiatan yang dinamakan Pra Pondok 2025 ini bertujuan mengenalkan siswa pada kehidupan di pesantren. Para peserta diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti Pesantren Tour, Tahfidzul Qur’an, Kultum, Qiamullail, Fun Games, hingga Outbound. Kesan positif mengenai pondok pesantren yang nyaman dan menyenangkan menjadi fokus utama tim PPI AMF.

“Di sini, baik peserta didik maupun tenaga pendidiknya sudah terlatih dengan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris aktif. Para santri juga dibekali dengan berbagai kemampuan, seperti Tapak Suci, pembelajaran berbasis AI, dan program Independent Learner,” ujar Suprat, Direktur Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar.

Suprat juga menjelaskan sejarah di balik nama Pondok Pesantren Internasional tersebut.

“Nama Abdul Malik Fadjar diambil dari tokoh Muhammadiyah asal Nusa Tenggara yang berjasa besar dalam bidang pendidikan, khususnya dalam menggerakkan dan mempelopori berdirinya AUM di Malang Raya,” tambahnya.

Selama dua hari di PPI AMF, para siswa mempelajari kemandirian, kerja sama, dan kehidupan sosial yang ada di pesantren. Program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pesantren sebagai tempat yang tidak menakutkan, melainkan menyenangkan dan menggembirakan.

Kepala MI Muhammadiyah 5 Surabaya Umi Sarofah MPd berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa.

“Kami berharap dua hari belajar bersama di PPI AMF bisa membawa hal-hal positif yang dapat diterapkan di sekolah dan di kehidupan mereka ke depannya. Semoga mereka bisa menjadi Fadjar Muda yang meneruskan semangat perjuangan Abdul Malik Fadjar,” ujarnya.

(Izzul AR)

Leave a Comment