Program kelas bilingual memasuki tahun ketiga. Salah satu program unggulan MI Muhammadiyah 5 Surabaya yang dalam proses pembelajarannya menggunakan dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, ini menunjukkan perkembangan yang semakin baik.

Terbukti pada Sabtu (16/12) lalu seluruh siswa kelas bilingual unjuk kebolehan dalam bercerita berbahasa Inggris (storytelling) di hadapan para penguji.

Secara bergantian, satu per satu siswa tampil di hadapan para penguji. Salah satunya adalah Mr Tom, native speaker yang didatangkan untuk menjadi penilai penampilan anak.

Melalui storytelling, siswa didorong untuk berkomunikasi secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat memperkaya kosakata mereka.

Sebelumnya, mereka telah berlatih sesuai dengan ragam topik yang telah disediakan. Salah satu adalah Galang Arrasyid, siswa yang bercerita tentang planet Mars. Ia bercerita dengan lugas mengenakan kostum astronot yang membuat daya tarik tersendiri bagi audiens yang menyaksikan.

Koordinator kelas bilingual Wolyono SPd menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di akhir semester sebagai salah satu speaking test peserta didik kelas bilingual.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris,” paparnya.

Selain itu, Wolyono mengungkapkan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai dorongan untuk meningkatkan percaya diri anak dalam berbahasa Inggris.

“Dengan tampil di atas panggung, apalagi satu per satu begini bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka. Khususnya dalam berbicara Bahasa Inggris. Salah tidak apa-apa, yang penting berani mencoba,”  tambahnya. (ana rose)

Leave a Comment