Sinar Surya menyemangati kegiatan Sekolah Mulia dengan agenda “Visitasi Muhammadiyah Future School Tahun 2022”. Ini kali pertamanya Sekolah Mulia memberanikan diri ikut serta dalam ajang upgrade diri untuk meningkatkan kualitasi mutu pendidikan. Ajang ini diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur dan sasaran sekolah Muhammadiyah se Jawa Timur.

Visitasi mempunyai manfaat sebagai persiapan akreditasi Sekolah/Madrasah Muhammadiyah ke depannya. Seperti yang ditekankan oleh Endang Suprapti, M.Pd. selaku visitor MFS di MI Muhammadiyah 5.

“Visitasi MFS sangat bermanfaat terutama untuk sekolah Muhammadiyah, karena point-point yang terkandung di dalamnya serupa dengan point-point penilaian ketika akreditasi sekolah,” kata dia.

Hal ini juga diiyakan oleh Kepala MI Muhammadiyah, Ustadzah Umi Sarofah, S.Pd., M.Pd.

“Benar, ajang MFS sangat bermanfaat terutama sebagai persiapan kami dalam menghadapi akreditasi sekolah mulia tahun 2024 besok,” katanya.

Di sisi lain, beliau juga menilai ajang MFS ini, terutama visitasi sangat membantu sekolah Muhammadiyah dalam menyiapkan dan melengkapi tata kelola sekolah, mulai dari administrasi, dokumentasi, meningkatkan kualitas hubungan dan pelayanan dengan orang tua siswa dan masyarakat.

Ke depannya Sekolah Mulia harus memaksimalkan digital arsip untuk kemudahan dalam mendokumentir dokumen yang dimiliki guru, dan tenaga kependidikan beserta siswa.

“Kita harus lebih bisa memanfaatkan fasilitas internet, seperti Google Drive, jadi setiap guru mengupload dokumen mulai dari RPP, Silabus dan lain sebagainya di Google Drive miliknya sendiri, supaya bisa lebih memudahkan kinerja dan administrasi dari setiap guru, jadi jika besok-besok diperlukan datanya sudah ada dan siap dicetak,” pungkasnya. (ustadzah intan)

Leave a Comment